3 Cara Membuat Cappuccino Tanpa Mesin
Others

3 Cara Membuat Cappuccino Tanpa Mesin

Pasti Anda tidak asing lagi dengan jenis minuman kopi Cappuccino bukan? Baik itu Anda temui di cafe maupun penjual minuman di pinggir-pinggir jalan. Minuman ini sungguh terkenal sehingga banyak olahan yang bisa Anda hasilkan meskipun dari rumah. Apakah Anda tahu mengapa minuman ini menjadi paling diminati? Simak informasi berikut ini.

Sejarah Cappuccino

Apabila Anda sering meminum minuman kopi ini, apa yang terlintas dalam benak Anda? Pasti sebagian dari Anda pernah memikirkan asal usul dari minuman ini mengapa kok bisa begitu nikmat. Awal mula dari minuman ini sudah terkenal sejak tahun 1680-an.

Biji kopi ini berasal dari Turki namun ditemukan di daerah Wina, Austria. Diduga biji kopi asal Turki ini tertinggal saat tentara Turki mengalami kekalahan saat berperang melawan tentara gabungan antara Jerman dan Polandia.

Komposisi

Konon, awal mula dari komposisi minuman kopi ini berasal dari espresso murni yang disajikan kepada biara Capuchin yaitu Marco D’Aviano. Pada saat menerima pesanan tersebut, sang biara merasakan kopi terlalu pekat, kuat dan juga pahit. Oleh karena itu, sang biara mengusulkan untuk menambahkan susu dan juga cream ke dalam minuman kopi tersebut.

Semenjak itu, komposisi dari minuman ini terdiri dari kopi espresso, susu dan cream. Namun, seiring dengan berkembangnya cita rasa dan inovasi rasa, pengolahan cream bisa didapatkan dari buih susu dan menggunakan steamed milk. Sedangkan untuk takarannya, menggunakan porsi yang sama rata dan pas. Yaitu sepertiga espresso, sepertiga steamed milk dan juga sepertiga foam.

Cara Penyajian

Pada umumnya minuman ini dituangkan pada cangkir yang bervariasi. Tergantung pada hasil akhirnya, namun kebanyakan menggunakan cangkir berukuran sedang. Hasil rasa dari minuman satu ini memiliki tekstur lembut dengan rasa kopi yang masih kuat.Beberapa variasi dari penyajian minuman kopi cappuccino ini menggunakan cokelat bubuk, kayu manis, ataupun gula palem sebagai taburan di atas foam yang tebal.

Cara Membuat

Apabila Anda ingin menikmati minuman kopi ini Anda bisa memperolehnya di cafe terdekat. Namun, apabila Anda merasa sayang terhadap pengeluaran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Meskipun tanpa menggunakan mesin, Anda masih bisa berkreasi sesuai dengan keinginan Anda untuk meminum kopi ini. Berikut ini cara-cara membuatnya.

1. Siapkan Bahan

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah bahannya yaitu Anda bisa menyiapkan kopi bubuk apa saja sesuai dengan stok maupun selera Anda sebanyak 2 sendok makan penuh. Jika Anda memiliki stok kopi yang baru digiling, maka itu lebih baik karena aromanya yang masih sangat harum. Selain itu, siapkan juga air panas sebanyak 250 ml dan campur ke dalam bubuk kopi.

2. Rebus susu

Selagi Anda menunggu kopi diseduh, Anda bisa menyiapkan susu segar sebanyak 500 ml. Kemudian panaskan api sedang dan taruh susu tersebut di atasnya hingga terasa panas biasa dan tidak begitu mendidih. Apabila sudah panas, Anda bisa mengangkatnya dan kocok susu tersebut menggunakan hand blender atau blender lainnya agar menjadikannya buih yang halus dan banyak.

3. Campur Seduhan Kopi dan Foam

Apabila kopi sudah selesai diseduh, tinggal Anda tuangkan ke dalam cangkir hingga dua pertiga dari tinggi cangkir. Setelah itu, Anda bisa langsung mencampurkan cangkir yang berisi seduhan kopi dengan foam atau buih susu hingga penuh. Sebagai hasil akhirnya, Anda bisa menambahkan sedikit kayu manis bubuk atau cokelat bubuk di atasnya dan bisa langsung nikmati selagi hangat.

Demikianlah informasi mengenai kopi cappuccino dan cara membuatnya tanpa harus menggunakan mesin. Anda bisa mencoba dan mengkreasikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Apabila Anda ingin menambahkan topping lain, silakan menambahkan sesuai kreasi.