3 Cara Mengatasi Diare pada Anak Secara Alami
Parenting

3 Cara Mengatasi Diare pada Anak Secara Alami

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat berakibat fatal pada anak. Penyakit yang ditandai dengan feses yang encer dan lebih sering untuk buang air besar ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani. Kondisi diare pada ini bisa diobati dengan obat khusus juga obat alami. Berikut ini 3 cara mengatasi diare pada anak secara alami.

1. Berikan Jahe

Jahe merupakan rempah yang kaya akan antioksidan. Bermanfaat sebagai anti radang, anti nyeri, dan anti bakteri. Jahe baik untuk menghentikan diare dan juga bisa menghilangkan bakteri atau parasit yang menyebabkan infeksi di perut.

Kandungan antioksidan di dalam jahe juga bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan, bisa meredakan rasa kembung dan mual. Anda bisa meracik teh jahe untuk diminum sebagai obat herbal diare untuk anak. Cara membuatnya, potong jahe menjadi beberapa irisan dan rebus bersama secangkir air hingga mendidih, lalu dinginkan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak.

Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat diare minuman jahe baik untuk dikonsumsi. Anda bisa menambahkan satu sendok makan madu ke dalam minuman jahe untuk mempermanis.

2. Chamomile dan Akar Marshmallow

Tak berbeda jauh dari jahe chamomile termasuk dalam tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat diare alami. Chamomile memiliki kandungan zat aktif anti peradangan yang mampu menenangkan kondisi perut mual dan perut kembung. Meskipun tanaman ini tidak cukup awam ketimbang jahe, Anda bisa membelinya secara online.

Begitu juga dengan akar marshmallow, tanaman ini biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan pada lapisan perut. Anda bisa mendapatkan manfaat chamomile dan akar marshmallow sebagai obat alami untuk menghentikan diare anak dengan mengolahnya menjadi teh herbal.

Rebus beberapa tangkai bunga chamomile kering sampai mendidih. Dinginkan sebentar, dan teh chamomile siap diminum. Untuk menciptakan rasa lebih enak, Anda bisa tambahkan madu dan perasan jeruk lemon.

Berbeda halnya, untuk membuat teh akar marshmallow, Anda hanya perlu menakar 2 sendok makan akar marshmallow kering dan campurkan dalam 1 liter air. Diamkan selama seharian, saring, dan minum layaknya teh.

3. Lada Putih

Lada putih merupakan hasil olahan biji lada yang sudah matang melalui proses pengeringan. Lada putih adalah bahan alami yang mengandung piperine. Lada putih kering dinilai mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk juga baik untuk mengobati sakit perut dan diare.

Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dirangkum dalam The American Journal of Chinese Medicine membuktikan bahwa konsumsi biji lada putih yang telah disangrai secara drastis bisa mengurangi frekuensi kesakitan akibat diare pada anak dan bayi di bawah 2,5 tahun.

Nah, itulah 3 cara mengatasi diare pada anak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Pastikan terlebih dahulu bahwa anak Anda tidak punya alergi terhadap bahan alami yang hendak digunakan sebagai obat sakitnya. Selain memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai obat, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai penanganan diare yang tepat.