4 Rekomendasi Makanan yang Menurunkan Kolesterol
Kesehatan

4 Rekomendasi Makanan yang Menurunkan Kolesterol

Siapa yang bisa tenang jika kolesterol dalam tubuh telah melampaui batas normal? Jika Anda tidak dapat menurunkan kolesterol atau makan makanan yang menurunkan kolesterol dengan segera, ada kekhawatiran bahwa ini akan menyebabkan plak menumpuk di dinding pembuluh darah, yang dapat meningkatkan risiko stroke atau penyakit jantung.

Pada dasarnya, kolesterol adalah lemak esensial yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Tetapi jika kadarnya terlalu tinggi, masalah kesehatan bisa timbul. Nah, untuk mencegah kadar kolesterol yang tinggi, Anda harus makan makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol seperti berikut.

1. Alpukat

Rekomendasi makanan sehat yang mampu menurunkan kadar kolesterol adalah alpukat. Alpukat adalah buah-buahan yang kaya akan nutrisi. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat. Dua nutrisi yang membantu sangat berperan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Studi klinis juga menunjukkan cara menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi alpukat. Pada sebuah penelitian yang pernah dilakukan, bahwa orang dewasa yang menderita obesitas (kelebihan berat badan) dengan kadar kolesterol LDL tinggi yang memakan satu alpukat setiap hari dapat menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak daripada mereka yang tidak memakan alpukat.

2. Kacang-kacangan (Khususnya Almond dan Kenari)

Kacang adalah makanan kaya nutrisi lainnya. Kacang ini sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal. Kacang kenari juga kaya akan asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang dapat menyehatkan jantung. Kacang almond dan kacang-kacangan lainnya kaya akan L-arginin, asam amino yang membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, yang membantu mengatur tekanan darah.

Selain itu, kacang menyediakan fitosterol. Senyawa tanaman ini secara struktural mirip dengan kolesterol dan makanan penurun kolesterol dengan menghalangi penyerapannya dalam usus. Kandungan kalsium, kalium dan magnesium, juga ditemukan dalam kacang-kacangan, dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Buah-buahan dan Berry

Buah adalah makanan tambahan yang bagus untuk diet jantung sehat karena beberapa alasan. Banyak jenis buah mengandung serat larut tinggi, yang membantu menurunkan kolesterol dengan cepat. Ini dilakukan dengan mendorong tubuh untuk menyingkirkan kolesterol dan menghentikan hati dari memproduksi senyawa tersebut.

Pektin merupakan salah satu serat larut yang mampu menurunkan kolesterol hingga 10%. Senyawa  ini ditemukan dalam buah-buahan termasuk apel, anggur, jeruk, dan stroberi. Buah ini juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya berkat efek antioksidan dan anti-inflamasinya.

4. Kedelai

Jika Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi, menambahkan kedelai ke dalam makanan Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan diet yang sehat. Jumlah protein, vitamin, mineral dan serat dalam kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang menumpuk di tubuh Anda.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan yang menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain dengan mengonsumsi beberapa makanan tersebut, jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, dengan olahraga rutin dan jauhi asap rokok.