Tips Membangun Karakter Anak dalam Sehari-hari
Lifestyle

5 Tips Membangun Karakter Anak dalam Sehari-hari

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang penting bagi anak terutama pada saat anak masih kecil. Pendidikan karakter ini harus dimulai terlebih dahulu dari lingkungan keluarga.  Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda berikan di rumah untuk membangun karakter anak yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

1. Berikan Pendidikan tentang Agama

Pertama adalah membangun dasarnya dengan pendidikan agama. Agama telah mengajarkan mengenai jalan kebenaran yang berasal dari tuhan. Oleh karena itu bangun terlebih dahulu dari framework yang telah tuhan berikan. Pasalnya, pemilik manusia yang mengetahui segala sesuatu yang ada dalam diri manusia itu sendiri adalah tuhan.

2. Berikan Pendidikan Melalui Orangtua

Anda sebagai orangtua adalah contoh pertama bagi anak. Apa yang Anda lakukan pasti akan ditiru dan dilakukan juga oleh anak. Pasalnya, anak akan belajar dari lingkungan terdekatnya. Secara tidak langsung anak akan belajar dari melihat dari orang-orang disekitarnya kemudian mencoba untuk meniru dengan persis apa yang dilakukan oleh orang sekitarnya.

Oleh karena itu, sebagai orangtua dan berada di lingkungan terdekat anak, usahakan untuk memberikan pelajaran yang baik. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada karakter anak pada saat anak sudah dewasa dan terus melekat dalam kehidupannya sehari-hari.

3. Tanamkan Pendidikan Mengajak Bukan Menyuruh

Apabila Anda ingin mengajarkan mengenai karakter, cobalah untuk menanamkan pendidikan dengan cara mengajak bukan malah menyuruh. Misalnya, Anda menginginkan anak belajar dan membaca buku. Sebagai orangtua Anda jangan asal menyuruh anak untuk membuka buku. Tapi, ajaklah anak untuk membuka buku.

Dampingi anak untuk belajar. Jika Anda membuka buku untuk anak, maka anak akan meniru untuk membuka buku juga. Dengan begitu, Anda bisa mengarahkan untuk membuku pelajarannya untuk belajar. Berusahalah untuk menjadi teman dekatnya dengan cara selalu membersamainya setiap saat. Secara tidak langsung pun Anda bisa mengawasi dan mendidik karakternya secara perlahan-lahan dan bertahap.

4. Jangan Pernah Membandingkan

Hal yang patut Anda pegang sebagai orangtua adalah jangan pernah membandingkan anak Anda dengan anak orang lain. Apalagi membandingkan sesama saudara. Hal ini dapat menyebabkan persaingan dan bisa menjatuhkan anak satu sama lain.

Hal terburuknya bisa menyebabkan hilangnya rasa persaudaraan. Oleh karena itu, Anda harus memahami bahwasannya setiap manusia terutama anak yang telah terlahir, pasti memiliki satu nilai yang indah tersendiri. Pasti memiliki kelebihannya masing-masing.

5. Tidak Memanjakan, Tidak Mengabaikan

Hal berikutnya yang harus Anda terapkan adalah tidak memanjakan secara berlebihan. Sekalipun tidak memanjakan anak, sebagai orangtua juga jangan mengabaikan. Penuhi kebutuhan anak secara biasanya dan standar.

Apabila anak menginginkan tas baru lagi, namun yang lama masih ada, Anda bisa beritahukan kepada anak bahwasannya yang lama masih dipakai. Sebagai gantinya, uang saku anak bisa ditabung untuk keperluan lainnya lagi. Hal-hal seperti ini yang harus diterapkan dan dikomunikasikan kepada anak secara perlahan dan bertahap.

Itulah beberapa tips untuk membangun karakter anak sehari-hari. Jangan lupa juga sebagai orangtua dalam lingkungan terdekat anak, Anda juga melakukan dan membersamai anak untuk membentuk karakter anak secara langsung. Boleh saja jika Anda dibantu oleh baby sitter atau asisten rumah tangga. Namun, alangkah baiknya Anda sendiri yang langsung menangani pertumbuhan dan perkembangan anak.