Cara Mengatasi Alergi dengan 5 Cara yang Mudah
Kesehatan

Cara Mengatasi Alergi dengan 5 Cara yang Mudah

Walaupun lezat, tidak semua orang bisa tahan memakan makanan laut. Sebab, tubuh akan bereaksi secara berlebihan saat orang tersebut mengonsumsinya. Tidak hanya makanan, seseorang juga bisa tidak tahan dengan debu, gigitan serangga bahkan produk sabun. Kondisi alergi semacam itu memang normal namun tetap harus diatasi. Bagaimana cara mengatasi alergi agar tidak bertambah parah?  

5 Cara Mengatasi Alergi

Terdapat beberapa gejala alergi yang umum muncul. Beberapa di antaranya adalah bersin, batuk, hidung berair, ruam merah pada kulit, gatal, dan bengkak. Bahkan ada yang sampai diare dan sesak napas saat terpapar bahan alergen. Agar tidak semakin parah, Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut 5 tindakan yang bisa dilakukan:

1. Ketahui Pemicu Alergi dan Segera Hindari

Agar meredakan alergi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi pemicunya. Sebagai contoh debu, bulu hewan, makanan, atau obat-obatan. Apabila Anda alergi makanan laut, maka jangan coba-coba mencicipi lagi walaupun secuil. Sedangkan, apabila Anda ternyata alergi debu, maka hindari ruangan yang belum dibersihkan dan gunakan masker saat beraktifitas di luar.

2. Konsumsi Obat Alergi

Saat gejala awal muncul, jangan dulu panik. Sebab respons tersebut berpotensi memperparah alergi yang Anda alami. Sebaiknya segera konsumsi obat pereda alergi yang bisa Anda dapatkan di apotek. Jenis obat yang direkomendasikan antara lain obat steroid, obat antihistamin, dan obat dekongestan. Dengan begitu, gejala seperti gatal, batuk dan bersin setidaknya dapat berkurang.

3. Mandi dengan Air Hangat

Air hangat memiliki manfaat untuk mencegah peradangan pada kulit yang terpapar alergen. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mandi dengan air hangat saat agar alergi mereda. Agar hasilnya lebih maksimal, bisa tambahkan bubuk oatmeal koloid pada air hangat tersebut. Oatmeal koloid memberikan efek antiinflamasi dan antioksidan yang bagus untuk kulit.

4. Oleskan Krim Pereda Alergi

Menggunakan krim pereda alergi juga alternatif yang bagus. Dua jenis krim yang bisa dicoba adalah krim kortikosteroid dan krim calamine. Kedua krim tersebut berfungsi untuk meredakan rasa gatal dan mengatasi peradangan akibat alergi. Sebelum mengoleskan krim, pastikan permukaan kulit Anda tidak basah dan setelahnya kenakan baju berlengan panjang yang longgar.

5. Kompres dengan Es Batu

Bagian kulit yang terkena alergi seringnya akan memerah dan membengkak. Salah satu mengatasinya adalah dengan mengompres bagian tersebut. Bisa menggunakan es batu berukuran kecil atau air es yang dibalut oleh kain tipis. Cukup kompres dalam waktu maksimal 15 menit. Terus ulangi dengan jarak sekitar 15 menit sampai gejala alergi terasa ringan.

Terkena alergi memang bukan hal yang menyenangkan. Terutama saat Anda sedang beraktifitas. Oleh sebab itu, sebisa mungkin harus menghindari pemicu alergi sebagai pencegahan. Selalu sedia obat-obatan dan krim pereda alergi saat Anda berpergian. Dengan begitu, pertolongan pertama lebih mudah dilakukan. Siapkan juga saline spray kalau alergi yang Anda alami menyebabkan hidung tersumbat.