Pepes Ikan Lebih Sehat dari Ikan Goreng, Benarkah
Others

Pepes Ikan Lebih Sehat dari Ikan Goreng, Benarkah?

Siapa yang tidak suka dengan olahan ikan goreng yang lezat? Semua orang pasti suka menjadikan menu ikan goreng sebagai lauk setiap hari, baik anak-anak atau orang dewasa. Citarasa ikan goreng yang gurih membuat lidah enggan berhenti bergoyang. Namun, Anda juga bisa membuat olahan ikan dengan resep pepes yang tak kalah nikmat. Dari segi manfaat makan pepes ikan lebih besar, alih-alih digoreng atau dibakar.

Kandungan gizi pepes ikan lebih tinggi daripada ikan goreng

Resep pepes yang lezat dengan tambahan bumbu dan daun kemangi bisa membuat selera makan meningkat dua kali lipat. Tak hanya mudah dibuat, pepes ikan bisa dibuat dari ikan kembung, ikan asam, teri, bahkan menambahkan suwiran daging ayam. Tergantung dengan selera Anda saja, ya!

Kandungan pada pepes ikan lebih tinggi daripada ikan goreng sebab gizi tidak banyak hilang selama proses memasak. Cara mengukus bisa membuat gizi tetap bisa didapatkan dengan maksimal, alih-alih digoreng menggunakan minyak. Selain itu, ikan pepes lebih tidak mengandung lemak jenuh seperti ikan yang digoreng.

Dari segi kalori, ikan pepes yang dikukus mengandung 75 Kkal setiap 100 gram dibandingkan dengan ikan goreng yang mengandung 100 Kkal. Cocok untuk Anda yang ingin makan sehat tanpa khawatir kenaikan berat badan meningkat. Sepertinya pepes ikan cocok menjadi menu diet yang bermanfaat, ya!

Manfaat makan pepes ikan

Pepes ikan cocok menjadi menu harian yang nikmat sekaligus memberikan manfaat kesehatan yang baik. Tak hanya terbuat dari ikan saja, rempah dan sayur yang digunakan untuk pelengkap pepes ikan memiliki khasiat yang tak kalah bagus. Apa saja manfaat mengkonsumsi pepes ikan secara rutin?

1. Ikan mengandung nutrisi tinggi

Jenis ikan tawar yang bisa Anda pilih sebagai bahan utama pepes antara lain ikan mujair, ikan nila, ikan mas, dan lain-lain. Anda yang punya balita pun, bisa memanfaatkan nutrisi pepes ikan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

2. Menghindari risiko gangguan kesehatan

Ikan yang dimasak dengan cara dikukus bebas lemak jenuh yang bisa menyebabkan kolesterol. Dengan konsumsi ikan yang dikukus, Anda bisa menghindari risiko kesehatan yang acap terjadi. Ikan juga dipercaya bisa mencegah kanker prostat yang rentan melanda kaum pria.

3. Meningkatkan kecerdasan otak

Konsumsi ikan pepes bisa meningkatkan kecerdasan anak atau mempertahankan daya ingat anak dan orang dewasa karena kaya omega 3.

4. Ikan kaya vitamin C dan E

Buat Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bebas dari risiko penuaan dini, sebaiknya masukkan pepes ikan dalam menu harian, ya!

Anda bisa membuat resep pepes yang enak dan sehat tanpa khawatir obesitas, lho! Jika Anda punya anak kecil, pepes ikan yang tidak pedas bisa menjadi solusi menambah nafsu makan si kecil. Toh, ikan merupakan jenis lauk favorit yang bisa didapatkan dengan harga murah. Kini Anda bisa belanja kebutuhan anak di toko online perlengkapan bayi tanpa cemas uang belanja dapur boros, ‘kan? Si kecil dan keluarga sehat makan pepes ikan, kenapa tidak?