Perawatan yang Harus Dilakukan Secara Rutin di Bengkel Ganti Oli
Others

Perawatan yang Harus Dilakukan Secara Rutin di Bengkel Ganti Oli

Supaya mobil Anda mempunyai umur yang lebih panjang dan performa yang terjaga, Anda harus rutin melakukan perawatan seperti servis dan ganti oli. Servis rutin berguna agar Anda mengetahui apakah mobil sedang dalam keadaan baik-baik saja atau tidak, sedangkan ganti oli untuk memastikan mesin selalu bekerja maksimal. Anda bisa melakukan itu di bengkel ganti oli terdekat.

Normalnya, perawatan rutin ini dilakukan dalam jangka waktu beberapa bulan sekali, tergantung dari seberapa sering mobil tersebut digunakan. Jika setiap hari mobil terus-menerus digunakan dalam lalu lintas yang padat, maka perawatan pun perlu dilakukan lebih rutin lagi. Lalu, apa saja perawatan yang perlu dilakukan dalam jangka waktu tersebut? Perhatikan penjelasan berikut ini.

Perawatan yang Harus Dilakukan Secara Rutin

1. Mengecek kampas rem dan kampas kopling

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kampas rem. Kampas rem mempunyai peran yang cukup penting, khususnya pada keselamatan berkendara. Jika saat menginjak rem sudah terasa bergetar, itu tandanya kampas rem harus segera diganti. Kampas yang sudah habis akan membuat rem menjadi tidak pakem dan dapat memicu kecelakaan.

Selain kampas rem, Anda juga harus memperhatikan kampas kopling. Komponen ini tidak kalah penting dari kampas rem. Ketika kampas kopling habis, Anda akan kesulitan untuk melakukan perpindahan mobil. Para pengguna mobil manual pasti akan merasakan betapa tidak nyaman jika kampas kopling sudah habis. Jadi, perhatikan kedua jenis kampas di atas demi keselamatan berkendara Anda.

2. Cek dan ganti oli

Normalnya, setelah menempuh 5.000-10.000 km perjalanan atau sekitar 6 bulan sekali oli mobil harus segera diganti. Hal ini karena oli semakin lama akan berubah warna menjadi hitam pekat dan mengental. Fungsi oli untuk melumasi dan mendinginkan mesin juga tidak akan maksimal. Jika perlu, gunakan pengingat di ponsel untuk mencatat tanggal kapan harus ganti oli.

Ada banyak dampak negatif yang bisa terjadi jika oli tidak pernah atau lupa diganti. Pertama, mesin akan menjadi cepat panas dan memicu terjadi overheat. Ketika mesin overheat, maka mobil akan sulit untuk dihidupkan. Padahal, bisa jadi saat itu Anda sedang buru-buru karena ada suatu urusan. Anda tentu tidak ingin mengalami hal tersebut bukan?

3. Mengecek air radiator

Air radiator memiliki fungsi untuk menjaga suhu mesin tetap dingin. Oleh sebab itu, radiator harus sering dicek dan diganti secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Penggantian radiator ini bisa Anda lakukan saat melakukan servis rutin atau khusus untuk ganti radiator saja. Tanda jika air radiator harus diganti adalah air coolant yang berubah keruh dan mesin sering overheat.

4. Mengecek aki

Aki yang rusak atau dalam keadaan tidak baik akan menimbulkan berbagai masalah yang sangat mengganggu. Masalah tersebut antara lain susah hidup ketika distarter. Hal ini dikarenakan aki memiliki fungsi menyuplai energi ke starter. Pastikan aki selalu dalam keadaan yang baik. Jika Anda masih belum mengetahui cara mengecek aki yang sehat, Anda bisa datang ke bengkel terdekat.

5. Mengecek ban

Tidak sedikit kasus kecelakaan di jalan yang diakibatkan karena masalah yang terjadi pada ban seperti kempes, bocor, atau meletus. Jadi, masalah ini tidak boleh Anda pandang sebelah mata. Pastikan tekanan ban berada pada angka yang tepat. Selain itu, periksa juga apakah permukaan ban sudah mulai aus atau belum. Jika iya, segera ganti karena itu akan berisiko mobil selip di jalan yang licin.

6. Memeriksa kabel lampu

Terakhir, perhatikan juga kabel-kabel dan lampu. Di malam hari, lampu benar-benar menjadi penentu keselamatan berkendara. Tidak hanya membantu pengemudi melihat benda di depan, lampu juga membuat pengendara lain menyadari bahwa di tempat tersebut ada kendaraan lainnya. Jadi, sebelum melakukan perjalanan khususnya di malam hari, selalu periksa lampu dan pastikan semua bekerja dengan baik.

Semua hal tersebut bisa Anda lakukan sekaligus di Otomall.id. Melalui Otomall.id, Anda bisa mendapatkan berbagai pelayanan tune up serta ganti oli mesin. Anda juga bisa konsultasi terlebih dahulu dengan Otomall.id agar bisa melakukan tindakan dengan tepat. Untuk informasi tentang layanan dan mitra Otomall.id silakan kunjungi websitenya di www.otomall.id.