Tanda Telat Menstruasi, Salah Satu Tanda Kehamilan
Kesehatan

Tanda Telat Menstruasi, Salah Satu Tanda Kehamilan

Tanda telat menstruasi biasanya menjadi salah satu tanda untuk seseorang itu hamil. Tetapi, perlu beberapa hal untuk mengecek dan memastikan kalau ada janin dalam rahim Anda, untuk memastikannya Anda dapat melalui tes kehamilan. Banyak dari wanita yang sedang hamil memiliki beberapa tanda yang berbeda-beda.

Bahkan ada dari sebagian wanita tidak mengetahui kalau dirinya sedang hamil, karena kebanyakan dari mereka masih menganggap itu gejala haid biasa, padahal itu berbeda. Untuk memahami ini secara lebih mendalam, perlu Anda perhatikan dan dapat melihat beberapa tanda-tanda Anda mengalami kehamilan

1. Anda Mengalami Telat Datang Bulan

Anda akan mengalami keterlambatan haid atau datang bulan, karena sel telur sudah dibuahi dan sudah memproduksi hormon HCG (human chorionic gonadotropin) yang menjaga kehamilan dan menghentikan sel telur setiap bulannya, untuk memastikan Anda dapat mengecek dengan alat testpack atau langsung berkonsultasi dengan dokter.

2. Muncul Flek, Keputihan, dan Kram perut

Hal berikutnya setelah 6-12 hari Anda akan melihat bercak atau flek, karena dinding rahim sudah dibuahi. Untuk beberapa wanita juga akan mengalami kram perut yang gejalanya hampir mirip sewaktu pas menstruasi, tapi kadar darah yang dikeluarkan dan jaraknya sedikit dan terjadi keputihan dan hal itu menjadi biasa, tetapi jika ada bau dan gatal mungkin itu adanya infeksi bakteri, maka perlu untuk konsultasi dengan dokter atau bidan Anda.

3. Terjadi Perubahan Pada payudara

Terjadi perubahan secara cepat terutama pada hormon setelah pembuahan dan berpengaruh pada bentuk payudara yang membesar, sensitif, berat, sakit, dan biasanya area puting jauh lebih gelap pada 2 minggu setelah pembuahan. Jalannya waktu semuanya disesuaikan dengan hormon baru dan kembali normal kembali.

4. Merasa Cepat Lelah

Hal ini menjadi tanda kehamilan selain tanda telat menstruasi, Anda akan merasa susah yang disebabkan tingginya hormon progesteron di dalam tubuh Anda. Jika Anda merasakan hal ini penting untuk diimbangi dengan zat besi dan protein serta perbanyak waktu istirahat.

5. Terjadi Mual ( morning sickness)

Ini menjadi gejala yang paling umum dan ini menjadi tanda kebanyakan yang terjadi pada wanita, tetapi ada juga wanita yang tidak mengalami hal seperti ini. Apabila Anda mengalami gejala tersebut penting melakukan asupan makan yang seimbang dan sehat. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon dan biasanya bereaksi ketika pagi hari atau dikenal morning sickness.

 6. Lebih Sering Buang Air Kecil

Pada kehamilan hal ini dipengaruhi oleh jumlah darah dipompa ke seluruh bagian tubuh melonjak, sehingga menyebabkan ginjal memproses cairan lebih dari biasanya dan menyebabkan seringnya untuk buang air kecil. Rutin untuk minum air putih dan cairan tertentu agar terhindar dari dehidrasi.

7. Mengalami Sembelit dan Kembung

Proses ini akibat dari hormon progesteron yang terjadi pada wanita hamil yang menyebabkan makanan susah dicerna dan akan mengalami sembelit. Perbanyak minum air putih, olahraga ringan saja, dan konsumsi makanan yang memiliki serat yang tinggi dan sebagian biasanya akan merasakan efek kembung, karena disebabkan oleh hal yang sama.

8. Menyebabkan Perubahan Suasana Hati

Terjadi akibat dari lonjakan pada beberapa hormon yang terjadi, kadangkala untuk wanita pada proses awal kehamilan akan lebih sedih, marah dan menangis. Hal ini menjadi wajar dan muncul pada awal 3 bulan kehamilan.

Sampai disini dahulu pembahasan mengenai tanda telat menstruasi untuk Anda pahami dan dapat bermanfaat untuk kedepannya.